Friday, October 12, 2012

Cara memperbanyak foto dengan photoshop

Bagaimana cara memperbanyak foto dengan photoshop? Sebuah pertanyaan yang muncul ketika kita akan mencetak pas foto dalam jumlah banyak secara masal, waktu yang cepat dan singkat.. Ya cara memperbanyak  pas photo massal dapat kita lakukan dengan mudah dan gampang.  dengan menggunakan program Adobe photoshop.

Dengan menguasai teknik memperbanyak foto menggunakan photoshop, kita dapat mencetak pas foto masal dalam jumlah banyak hanya dalam waktu yang singkat  sehingga  dapat menghemat waktu. Pada tulisan ini saya ambil contoh sebuah pas foto ukuran 3x4 cm yang diperbanyak menjadi  9 lembar di atas kertas berukuran 4R.
 

Pada dasarnya teknik dasar cara memperbanyak foto dilakukan dengan menduplikasi atau menggandakan layer foto menjadi layer baru dengan cara men-copy-nya. Sehingga Layer photo menjadi 2. Kemudian salah satu layer pas photo atau gambar tersebut kita geser di sebelahnya atau ke sampingnya, bisa ke samping kiri, kanan, atas , atau bawah. sehingga pas foto tersebut tampak menjadi 2 lembar.

Untuk membuat pas photo menjadi 3 lembar, maka layer pas foto tersebut kita perbanyak atau kita gandakan lagi, Lalu kita geser lagi. Demikian juga untuk membuat foto menjadi 4,5, 6,dan seterusnya..Agar supaya lebih jelas mari kita ikuti cara mengedit/mencetak/ngeprint/membuat foto menjadi banyak .


Ya.. ayo kita simak tulisan photoshop dasar bagi para pemula tentang tutorial singkat langkah-langkah atau  cara memperbanyak foto di photoshop  :
Langkah pertama
  1. Buka file pas foto yang akan kita perbanyak.  Pilih menu File > Open >  pilih foto dan pastikan berukuran 3x4 cm. Bagi yang belum jelas Cara membuka foto di photoshop klik di SINI.  Cara membuat ukuran foto -nya klik di SINI. 
  2. Buka file baru yang berukuran 4 R dengan cara pilih menu File > Open New, buatlah berukuran 4R.  Akan tampil ilustrasi seperti ini :
(Mulai photoshop cs4 foto yang terbuka hanya satu sehingga agar foto dan kertas terbuka bersama perlu langkah Klik Arange Documents > pilih Float All in Windows

Langkah kedua
  1. Masukkan pas foto ukuran 3x4 cm yang berada disebelah kiri ke dalam kertas baru ukuran 4R yang berada di sebelah kanan dengan cara Drag and Drop.  Bagaimana Cara melakukan Drag and Drop di photoshop? Klik Move Tool sehingga Move tool photoshop aktif lalu klik photo 3x4 sebelah kiri kemudian tahan dan seret atau geser ke dalam kertas baru 4R di sebelah kanan lalu lepaskan.
  2. Kemudian  letakkan posisinya sesuai keinginan dengan cara Drag and drop juga. Langkah Drag and drop dilakukan hanya pada area kertas 4 R saja.  Selain drag and drop kita dapat memindah atau menggeser posisi foto pada kertas dengan cara tekan tombol anak panah pada keyboard kita. Cara ini saya lakukan agar hasil penggeseran bisa lebih rinci, lebih detail dan teliti. Biasanya saya lakukan untuk menggeser sedikit geseran saja. Pada ilustrasi ini kita letakkan di sebelah kiri atas. Lihatlah di bawah ini  !

Langkah ketiga
  • Untuk memperbanyak foto kita lakukan dengan menduplikasi layer pas foto kemudian kita geser dan kita letakkan sesuai keinginan dapat ke kanan, kiri, atas dan bawah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara yang  sama dengan langkah  2 di atas yaitu dengan Drag and Drop, tetapi ini dilakukan hanya pada file atau kertas ukuran 4r yang ada di sebelah kanan. 
  • Caranya tekan tombol Alt di keyboard kita, ( Ingat pastikan Move Tool photoshop tetap aktif ). Kita perhatikan kursor kita tampak berubah berupa segitiga kecil ganda atau dobel berwarna hitam dan putih.  Bersamaan dengan itu Klik foto dan geser ke sebelahnya dan lepaskan. Lihat ilustrasi di bawah ini ! Pas foto sudah menjadi dua lembar.                                                                
  • Untuk membuat Pas foto menjadi tiga kita lakukan langkah yang sama persis seperti langkah di atas. Tekan Alt > Klik foto > Drag and drop ke sebelah kanannya. Lihat ilustrasi atau gambar di bawah ini.                                    
  • Langkah drag and Drop dapat dilakukan berulang-ulang sebanyak jumlah foto yang kita perlukan. Gambar di bawah ini adalah hasil langkah pertama sampai terakhir hingga di dapat pas foto menjadi 9 lembar pada kertas 4r.
Nah mudah dan cepat kan !!! Cara  di atas merupakan langkah dasar dalam memperbanyak foto yang merupakan tips dan trik sederhana tentang cara menggandakan pas foto memakai adobe photoshop.

Untuk langkah yang lebih cepat lagi (super cepat/super kilat) dalam membuat pas foto masal silahkan merekam semua langkahl angkah photoshop di atas tersebut di menu Action. Dimana ? Klik saja di Letak menu action photoshop. Silahkan di utak atik pada menu tersebut.

Tulisan photoshop dasar ini semoga membantu anda untuk membuat foto dan gambar menjadi banyak. Misalnya memperbanyak foto ukuran postcard di kertas ukuran A4, foto ukuran dompet di kertas ukuran 10r, dll.

No comments:

Post a Comment